PELATIHAN TRANSPLANTASI KARANG BAGI KELOMPOK PEMUDA DI DESA SUNGAI DUA LAUT KABUPATEN TANAH BUMBU, KALIMANTAN SELATAN

  • Nursalam Nursalam Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Dafiuddin Salim Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Keberadaan terumbu karang juga berperan besar dalam melindungi pantai desa pesisir di Desa Sungai Dua Laut dari gempuran gelombang musim Barat dan Tenggara. Tipe terumbu karang di wilayah ini kebanyakan merupakan tipe fringing reef (terumbu tepi). Pengelolaan terumbu karang oleh mitra di wilayah ini masih memiliki keterbatasan informasi dan keterampilan terkait tekhnologi rehabilitasi karang. Teknologi rehabilitasi telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam 20 tahun terakhir. Mitra baik secara mandiri ataupun bersama-sama dengan stakeholder lainnya telah melakukan upaya rehabilitasi pada kawasan konservasi perairan ini, namun hasilnya masih dianggap belum signifikan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah terciptanya pemahaman para mitra dalam melakukan upaya tekhnologi rehabilitasi karang secara partisipatif. PKM dilakukan melalui metode penyuluhan (sosialisasi), simulasi dan praktek. Hasil penyuluhan meningkatkan pengetahuan, wawasan, kesadaran dan motivasi mitra dan masyarakat lainnya untuk menjaga, memanfaatkan dan mengelola sumberdaya terumbu karang secara arif dan bijaksana., sedangkan kegiatan simulasi dan praktek meningkatkan kemampuan teknis atau keterampilan mitra agar dapat mahir dan mampu secara teknis melaksanakan transplantasi karang di perairan. Ketercapaian kedua kegiatan di atas menunjukkan tingkat keberhasilan yang cukup signifikan yang diindikasikan dengan tumbuhnya minat dan pemahaman, perubahan sikap dan terciptanya kemampuan nelayan peserta dalam memanfaatkan output atau luaran sebagai hasil dari program hibah PKM ini.

References

Asmawi, S dan Hamdani. 2008. Identifikasi Faktor Khusus dan Kelompok Biota yang Dapat Dijadikan Sebagai Isyarat Peringatan Dini Kerusakan Terumbu Karang Takat. Dibiayai oleh DIPA Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Fakultas Perikanan Unlam. Banjarbaru.

Edwards, A.J. & Gomez, E.D. 2008. Konsep dan panduan restorasi terumbu: membuat pilihan bijak di antara ketidakpastian. Terj. dari Reef Restoration Concepts and Guidelines: making sensible management choices in the face of uncertainty. Oleh: Yusri, S., Estradivari, N. S. Wijoyo, & Idris. Yayasan TERANGI, Jakarta: iv + 38 hlm.

[DKP Prov. Kalsel] Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan, Bidang Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. 2013. Laporan Akhir: Inventarisasi Status Kondisi dan Luasan Terumbu Karang Tanah Bumbu. Konsultan CV. Anugerah Bahari. Banjarbaru.

_______., 2000. Atlas Sumberdaya Pesisir dan Laut Kalimantan Selatan. Kerjasama Dinas Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan dan Fakultas Perikanan Universitas Lambung Mangkurat.

Nursalam, N. and Salim, D., 2019. PKM Penerapan Teknologi Rehabilitasi Karang di Perairan Desa Sungai Dua Laut Kabupaten Tanah Bumbu. Prosiding Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan, Volume 4, pp.191-198. ISSN. 2655-8947.

Nybakken. 1992. Biologi Laut Suatu Pendekatan Ekologis. P.T. Gramedia. Jakarta

[Perda] Peraturan Daerah No. 19 Tahun 2012 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Terumbu Karang di Kalsel

Salim, D., 2012. Pengelolaan ekosistem terumbu karang akibat pemutihan (Bleaching) dan rusak. Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology, 5(2), pp.142-155.

Salim, D. and Nohong, N., 2015. Kondisi dan Distribusi Spesies Karang Keras di Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Jurnal Mitra Bahari, 10(2).

Supriharyono. 2000. Pengelolaan Ekosistem Terumbu Karang. Djambatan. Jakarta. x, 108 hlm 23 1/2 cm.

Published
2020-06-30
How to Cite
Nursalam, N. and Salim, D. (2020) “PELATIHAN TRANSPLANTASI KARANG BAGI KELOMPOK PEMUDA DI DESA SUNGAI DUA LAUT KABUPATEN TANAH BUMBU, KALIMANTAN SELATAN”, Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), pp. 29-35. doi: 10.20527/aquana.v1i1.11.