DIVERSIFIKASI PENGOLAHAN IKAN SEPAT RAWA (Trichogester trichopterus PALL) SEBAGAI SUBSTITUSI KUE KERING DI DESA SUNGAI BATANG, KECAMATAN MARTAPURA BARAT, KABUPATEN BANJAR

  • Siti Aisyah Prodi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Findya Puspitasari Prodi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Purnomo Purnomo Prodi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Juhana Suhanda Prodi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: tepung ikan, sepat rawa, kue kering

Abstract

Pengolahan tepung ikan merupakan salah satu bentuk penganekaragaman hasil olahan perikanan dan termasuk produk setengah jadi yang dapat ditambahkan pada pembuatan suatu produk. Tepung memiliki beberapa keunggulan antara lain mempunyai masa simpan lebih lama, lebih praktis dalam proses distribusi dan lebih fleksibel pemanfaatannya untuk diolah menjadi berbagai produk pangan yang digemari masyarakat. Kue kering yang dijual dipasaran pada umumnya kaya akan karbohidrat, maka pada pembuatan kue kering ini akan dicoba dengan penambahan tepung ikan sepat rawa (Trichogaster trichopterus Pall) dan diharapkan akan menambah aneka ragam pengolahan produk hasil perikanan, sehingga didapatkan kue kering yang mempunyai nilai gizi yang tinggi terutama protein dan kalsium. Sasaran kegiatan ini adalah kelompok UMKM pengolah ikan kering sepat rawa Desa Sungai Batang, Kabupaten Banjar, Martapura. Ada 4 kegiatan yang ditawarkan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan mitra, yang akan dilaksanakan pada kegiatan program kemitraan masyarakat ini, yaitu : 1) Pembuatan Tepung Ikan Sepat Rawa, 2) Pembuatan Kue Kering, 3) Pengemasan dan pelabelan yang bisa menembus pasar ritel modern, 4) Transfer keahlian managerial skill tentang manajemen usaha, izin usaha, manajemen resiko, etika bisnis dan cara pengajuan kredit ke lembaga keuangan/perbankan.

 

References

Anonim. 2017. Dua Puluh Manfaat Ikan Sepat bagi Kesehatan Terlengkap. Dunia ikan.com. diakses tanggal 04 Juni 2018.

Anonim. 2018. Sungai Batang, Martapura Barat, Banjar. http://id.m.wikipedia.org. Diakses tanggal 04 Juni 2018

Ermila. 2011. Perbedaan Kadar Protein Ikan Sepat Rawa (Trichogaster trichoperus Pall) Kondisi Segar dan Hasil Pengolahan dengan Cara Asin Kering dan Wadi. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA UNY. Yogyakarta.

King, D.E.S. 2017. Skripsi Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM. Banjarbaru.

Mahrita. 2018. Hasil Tangkapan Ikan Sepat. Hasil Wawancara Langsung. Banjarbaru.
Published
2021-06-30
How to Cite
Aisyah, S., Puspitasari, F., Purnomo, P. and Suhanda, J. (2021) “DIVERSIFIKASI PENGOLAHAN IKAN SEPAT RAWA (Trichogester trichopterus PALL) SEBAGAI SUBSTITUSI KUE KERING DI DESA SUNGAI BATANG, KECAMATAN MARTAPURA BARAT, KABUPATEN BANJAR”, Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), pp. 82-87. doi: 10.20527/aquana.v2i1.22.