INOVASI KEMASAN VACUM DALAM UPAYA PERBAIKAN KUALITAS REMPEYEK “DENOK” DI KELURAHAN LOKTABAT UTARA

  • Rabiatul Adawyah Prodi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • El Redha Prodi Akuakultur, Fakultas Perikanan Dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Adriani Prodi Akuakultur, Fakultas Perikanan Dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Syifa Prodi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Rifqi Habibie Prodi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: rempeyek, kemasan vacum

Abstract

Inovasi peningkatan kualitas rempeyek “DENOK” yang diterapkan pada kegiatan PKM kemitraan ini adalah dengan meningkatkan pengemasan dengan teknik pengemasan vakum, dimana pengemasan vakum atau vacuum packaging merupakan suatu metode pengemasan produk rempeyek dengan tujuan untuk dijual atau disimpan. untuk waktu yang lebih lama. Pengemasan vakum umumnya merupakan pengemasan kedap udara yang bertujuan untuk mencegah adanya udara dalam kemasan yang dapat menyebabkan produk menjadi tengik dan juga mencegah pertumbuhan mikroorganisme. Kegiatan pengabdian penerapan teknologi pengolahan pada mitra pengolahan ikan teri dan kerupuk udang “DENOK” berpengaruh terhadap pengetahuan dan keterampilan mitra dalam pengemasan vakum. Faktor pendukung kegiatan ini adalah tempat pengolahan kerupuk teri dan kerupuk “DENOK” sangat terbuka menerima perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat menerima perubahan berupa inovasi berupa perbaikan kemasan dengan alat kemasan vakum.

References

Anonim________, Statistik Perikanan Budidaya Provinsi Kalimantan Selatan, 2010.Banjarbaru tahun 2010. 151 halaman.
Aisyah, A., Adawyah, R., Rahmawati, H., 2013. Perbaikan Kualitas Bakso Ikan Tenggiri (Scomberomorus commersonni) dengan Penambahan Tepung Ubi Ungu (Ipomoea batatas). Laporan Penelitian. Unlam. Banjarbaru
Demuningrum, A.A. 2002. Mempelajari Karakteristik Bakso Ikan Nila (Oreochromis nilotiais) dengan Penambahan Bubuk Flavor Dari Ekstrak Kepala Udang Windu (Penaeus monodon). Skripsi IPB. Bogor.
Low J, Kinyae P, Gichuki S, Oyunga MA. Hagenimana V, Kabira J. 1997. Combating Vitamin A Deficiency through The Use of Sweetpotato. Peru. Central International Potato Press.
Paramida.N.R., Terip, n. Dan Yusriani 2013. Studi Pembuatan Rempeyek Bercita Rasa Kayu Manis. Jurnal Rekayasa Pangan dan Pertanian 1) :4
Reviana. T., Manulang dan Meirazi. 2017. Peningkatan Daya Saing Produk Repeyek Kelompok UPPKS Lestari Di Kelurahan Sungai Kambing C Kota Medan . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. (23) :3
Sudarmadji, S., B. Haryono., Suhardi. 2003. Prosedur Analisa Untuk Bahan Makanan dan Pertanian. Liberty. Yogyakarta tahun 89 halaman.
Sutanmuda, 2008. Klafikasi ikan Nila.Fakultas teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. 1 – 7 halaman.
Syarif dan Irawati. 1986. Pengetahuan Badan Untuk Industri Pertanian. PT Masitama Sarana Perkasa. Jakarta. 217 halaman.
Tazwir, 1992.Pembuatan sosis dan bakso ikan.Dalam : Kumpulan Hasil-hasil Penelitian Pascapanen Perikanan. Balitbang Pertanian– USAID/FRDP. Jakarta.

Yuniarti, T; Alvi Yudistira; Hendria Suhrawardhan dan Heru Sumaryanto. 2011. Bakso ikan lele (Clarias sp.) aneka warna sebagai alternatif jajanan anak sekolah. Prosiding seminar nasional pengolahan produk dan bioteknologi kelautan dan perikanan.
Published
2021-06-30
How to Cite
Adawyah, R., Redha, E., Adriani, M., Syifa, M. and Habibie, R. (2021) “INOVASI KEMASAN VACUM DALAM UPAYA PERBAIKAN KUALITAS REMPEYEK ‘DENOK’ DI KELURAHAN LOKTABAT UTARA”, Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), pp. 97-102. doi: 10.20527/aquana.v2i1.24.