PKM PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA PADA USAHA PENGOLAHAN PERIKANAN “AULIA” KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

  • Achmad Syamsu Hidayat Prodi Sosial Ekonomi Perikanan FPK ULM
  • Mailita Mailita Prodi Sosial Ekonomi Perikanan FPK ULM
  • Irma Febrianty Prodi Sosial Ekonomi Perikanan FPK ULM
  • Idiannor Mahyudin Prodi Sosial Ekonomi Perikanan FPK ULM
  • Rina Mustika Prodi Sosial Ekonomi Perikanan FPK ULM
Keywords: aulia, pengolahan, manajemen, usaha, kelayakan

Abstract

Usaha pengolahan produk perikanan “Aulia” berdiri tahun 2019 dengan produksi yang dihasilkan produk pengolahan hasil perikanan, Adapun produk unggulannya adalah Sambal goreng sepat crispy. Permasalahan yang dihadapi oleh usaha pengolahan perikanan Aulia adalah: 1. Usaha dijalankan masih bersifat kekeluargaan dan kurangnya pengetahuan mengenai manajemen usaha yang profesional. 2. Kurangnya pengetahuan dan kemampuan mitra untuk mengevaluasi kelayakan usahanya. Berdasarkan permasalahan prioritas yang harus ditangani maka beberapa solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah sebagai berikut: 1. Perbaikan manajemen usaha melalui melalui penyuluhan penyusunan pembukuan dan laporan keuangan, 2. Meningkatkan pengetahuan untuk menilai kelayakan usaha melalui penyuluhan menganalisis keuntungan, Revenue Cost Ratio, Payback Period dan BEP. Kegiatan pembinaan dilaksanakan pada tanggal 18 September untuk persiapan dan diskusi dengan mitra, pelaksanaan pembinaan tanggal 2 Oktober 2021 dan evaluasi dari kegiatan tanggal 21 Oktober 2021 di tempat usaha kelompok pengolahan “Aulia” yang dihadiri oleh anggota kelompok, masyarakat sekitar dan mahasiswa.  Hasil dari penyuluhan terdapat kenaikan pengetahuan dan ketarampilan sebelum dan sesudah penyuluhan mengenai manajemen usaha dan menilai kelayakan usahanya.

References

Ebert, Ronald J. & Ricky W. Griffin, 2007, Bisnis, Alih Bahasa Rd. Soemarnagara, Jakarta.

Emmy Sri Mahreda, Rina Mustika, Irma Febrianty, Pajar Pardian, Lindawati (2021). Peningkatan Manajemen Usaha Pada Pembenihan Ikan ‘Kolam As Syifa’ Cindai Alus. ILUNG: Jurnal Pengabdian Inovasi Lahan Basah Unggul Vol. 1, No. 2 November 2021, Hal. 100-111 DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v1i2 E-ISSN 2798-0065 100

Purbowo Purbowo, Deny Murtanti, Rudi. (2021). Pelatihan Analisa Usaha Tani Bagi Petani Padi di Desa Ngampel Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Jurnal Pengabdian pada masyarakat LPPM Univ KH A. Wahab Hasbullah. Volume 2 No 2 (2021) Agustus.

Rahmi Widyanti, Susiladewi Susiladewi, Erni Alfisah, (2020). Analisis Usaha Industri Rumah Tangga Melalui Pengolahan Kue Kering. Jurnal Pengabdian Al Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Vol 5, No 2 (2020).

Sepris Yonaldi, (2018). Kewirausahaan Bagi Industri Kecil Menengah Di Kota Padang Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Manajemen Dan Perluasan Pasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dewantara Volume 1, Nomor 1, September 2018.

Sawqi Saad El Hasan, Marsel Maden, Benediktus Misa, Wahyudi. 2021. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) Vol. 1 No. 1.
Published
2021-12-31
How to Cite
Hidayat, A., Mailita, M., Febrianty, I., Mahyudin, I. and Mustika, R. (2021) “PKM PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA PADA USAHA PENGOLAHAN PERIKANAN ‘AULIA’ KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN”, Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), pp. 129-135. doi: 10.20527/aquana.v2i2.30.

Most read articles by the same author(s)