PRODUKSI CACING SUTERA SKALA RUMAH TANGGA BAGI POKDAKAN AGRO WISATA 5 DI KAMPUNG IWAK MENTAOS KOTA BANJARBARU

  • Akhmad Murjani Program Studi Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Lambung Mangkurat
  • Agussyarif Hanafie Program Studi Akuakultur Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Target luaran yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah Meningkatkan pengetahuan  dan keterampilan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Wisata 5 di Kampung Iwak, Kelurahan Mentaos, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru tentang budidaya cacing sutra skala rumah tangga sistem apartemen dan terbentuknya aktifitas peningkatan  produksi dan   kualitas cacing sutra sebagai pakan alami  dan berkelanjutan. Solusi yang ditawarkan adalah memperkenalkan (penyuluhan) tentang budidaya cacing sutra skala rumah tangga sistem apartemen berkelanjutan dan pelatihan dan demonstrasi (praktek) teknik produksi budidaya cacing sutra skala rumah tangga sistem apartemen berkelanjutan. Metode pendekatan yang digunakan adalah pemberdayaan dengan menggunakan tahapan/langkah (persiapan, pelaksanaan dan evaluasi); kegiatan pengabdian dan tahapan tersebut mencakup penyiapan input bahan dan alat untuk budidaya cacing sutra skala rumah tangga sistem apartemen.meliputi: penyiapan bahan baku pembuatan media cacing sutra, penyiapan alat dan bahan untuk membuat budidaya sistem apartemen, dan penyiapan bahan dan prasarana lainnya. Proses budidaya cacing sutra skala rumah tangga sistem apartemen. Ujicoba cacing sutra untuk benih ikan. Pemanenan dan evaluasi pertumbuhan cacing sutra dan evaluasi monitoring dan pendampingan. Bentuk evaluasi yang dilakukan melalui evaluasi pengetahuan dan keterampilan (uji t) dan evaluasi analisa nilai ekonomi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penyelesaian masalah dalam pemahaman produksi cacing sutera skala rumah tangga dilakukan dengan bimbingan teknis hasilnya lebih baik (jumlah khalayak sasaran yang hadir, sudah ada 2 khayak sasaran yang menerapkan, menguntungkan penjualan cacing dan produksi benih ikan). Hasil Analisis Statistik Uji Hipotesis (t-test); t-stat bahwa nilai thit sebesar 30.21. Nilai ini lebih besar dibandingkan ttab untuk uji t satu arah (3.85) dan juga ttab untuk uji dua arah (6.171). Hasil Analisa Usaha Sederhana (biaya tetap=Rp.405.000,-; biaya tidak tetap=Rp.70.000,-; dan harga jual=Rp.480.000,-). Keuntungan Rp.410.000,-/ panen/bulan/12 wadah dan kembali modal panen 1 (1 bulan).

References

Anonim, 2014. Laporan Kinerja Kementrian Kelautan Dan Perikanan Tahun 2017. 344-345 hlm. Findy, S. 2011. Pengaruh Tingkat Pemberian Kotoran Sapi Terhadap Pertumbuhan Biomassa Cacing Sutera. [Skripsi]. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor. 42 halaman.
Nuraini., S. Nasution, dan A. Tanjung. 2016. Teknologi Pembenihan dan Budidaya Cacing Sutera (Tubifek sp) sebagai Pakan Larva Ikan Siban (C. Apogon). Laporan Penelitian LPPM. UNRI, 83 halaman.
Masrurotun., Suminto dan J. Hutabarat. 2014. Pengaruh Penambahan Kotoran Ayam, Silase Ikan Rucah dan tepung Tapioka dalam Media Kultur terhadap Biomassa, Populasi dan Kandungan Nutrisi Cacing Sutera (Tubifex sp) Journal of Aquacultur Management and technology, 3(4): 151 -157.
Ridwan. E., Wahid dan Khojia. 2015. Inovasi Produksi Cacing Tubifex. Teknisi Litkayasa. 6 halaman.
Syafrudin., W. Efiyanti, dan Widanarni. 2005. Pemanfaatan Ulang Limbah Organik dari Substrat Tubifex sp di Alam. Jurnal Aquacultur Indonesia, 4(2): 97-102
Pursetyo, K.T., W.H. Satyantini, dan S. Mubarak. 2011. Pengaruh Pemupukan Ulang Kotoran Ayam Kering terhadap Populasi Cacing Tubifex tubifex. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan,
Anggraini, B., Nuraini dan Sukendi. 2019. Pengaruh Pemberian Pakan yang Berbeda terhadap Pertumbuhan Populasi dan Biomassa Cacing Sutera (Tubifex sp). [Skripsi]. Fakultas Perikanan dan Kelautan. Universitas Riau. 63 halaman (tidak diterbitkan).
Syafni, R., Nuraini, dan N. Aryani. 2019. Pengaruh Frekwensi Waktu Sampling Berbeda terhadap Pertambahan Populasi dan Biomassa Cacing Sutera (Tubifek sp). [Skripsi]. Fakultas Perikanan dan Kelautan. Universitas Riau. 50 halaman (tidak diterbitkan).
Published
2022-12-31
How to Cite
Murjani, A. and Hanafie, A. (2022) “PRODUKSI CACING SUTERA SKALA RUMAH TANGGA BAGI POKDAKAN AGRO WISATA 5 DI KAMPUNG IWAK MENTAOS KOTA BANJARBARU”, Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), pp. 132-140. doi: 10.20527/aquana.v3i2.51.