INISIASI PEMASARAN DARING PADA USAHA PERIKANAN KOLAM AS SYIFA DI DESA CINDAI ALUS KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR
Abstract
Usaha Perikanan Kolam As Syifa merupakan salah satu usaha perikanan yang bergerak di bidang pembenihan dan pemasaran benih ikan. Jenis benih ikan yang dihasilkan adalah benih ikan gabus, papuyu, patin, nila, mas, bawal, grass crab dan lele dengan berbagai ukuran. Permasalahan yang ditemukan pada usaha ini adalah kurangnya pengetahuan mitra mengenai strategi pemasaran produk karena masih bersifat menunggu pembeli dan hanya menawarkan produk secara door to door. Berdasarkan permasalahan tersebut solusi yang ditawarkan oleh tim pelaksana meningkatkan pengetahuan mengenai strategi pemasaran produk dengan memanfaatkan e-commerce dan pelatihan penggunaannya. Kegiatan diikuti oleh 25 peserta berasal dari pengusaha Kolam As Syifa Bapak H. Fauzan beserta para pekerjanya dan petani pembenih ikan yang merupakan mitra Kolam As Syifa. Pelaksanaan kegiatan berupa penyuluhan dan pelatihan yang dipandu oleh trainer dari tim pelksanan beserta modul yang dibagikan kepada peserta. Hasil yang didapatkan dari kegiatan PKM adalah pengetahuan mitra tentang pemasaran secara daring meningkat dan selanjutnya memaksimalkan potensi pemasaran mitra kegiatan melalui kegiatan pemasaran secara daring dengan memanfaatkan penggunaan marketplace yang tersedia.
References
Bukit, F. R. A., Geby, G., Irvan, & Fahmi (2019). Pembuatan Website katalog Produk MKM untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner. Jurnal Pengabdian Dan pemberdayaan Masyarakat VOL. 3 Nomor 2 September 2019 JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat). http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4317/2684
Kartajaya, Hermawan (2015). Indonesia Wow, Markplus Wow, We Are Wow. Cetakan pertama.Jakarta. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Kim, W. C. & Mauborgne, R. (2006). Blue Ocean Strategy (Strategi Samudra Biru). (Satrio Wahono, Trans., Kurniawan Abdullah, Eds.). Jakara : PT. Serambi Ilmu Semesta.
Kotler, Philip and Keller Kevin Lane (2012). Principles of Marketing: 14th Edition.
Prentice Hall. New Jersey.
Pratama, A.M., Djumena, E., (2020). Pengguna Internet Indonesia hingga Kuartal II 2020 Capai 196,7 Juta Orang. https://money.kompas.com/read/2020/11/09/213534626/pengguna-internet-indonesia-hingga-kuartal-ii-2020-capai-1967-juta-orang. Diakses tanggal 26 Desember 2022, jam 17.36
Presiden Republik Indonesia, 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan. Jakarta, Indonesia.
Presiden Republik Indonesia, 2016. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi Daya Ikan, dan Petambak Garam, Jakarta, Indonesia
Ramadhan, R dan Sari, L. A. 2015. Teknik Pembenihan Ikan Mas (Chprinus carpio) Secara Alami di Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Budidaya Air Taraw (UPT PBAT) Umbulan, Pasuran. (Surabaya: Universitas Airlangga).
Tegar Winasis. 2015. 21 Hari Sukses Pembibitan Lele, Gurami, Nila. Araska, Yogyakarta.
Wibowo, H., Marni, Z., Anastya, R., Suryaningrum, Salsabila, S., Agustami, Dewi, G.A., Pamungkas, Komala, N., Sa'bani, 2020. Edukasi Pemasaran Daring untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Guesin Pacs Desa Cibodas Jawa Barat. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat. Volume 1, Nomor 2, Agustus 2020. Halaman 59-66. e ISSN: 2716-4705. http://jurnal.unpad.ac.id/sawala/article/view/26593
Copyright (c) 2023 Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.