PENERAPAN PETA DAERAH PENANGKAPAN IKAN PELAGIS KECIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL TANGKAPAN IKAN DI KECAMATAN ALUH-ALUH KABUPATEN BANJAR

  • Muhammad Syahdan Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Frans Tony Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Keterbatasan yang dimiliki oleh nelayan tradisional di pesisir Kalimantan Selatan dalam menentukan daerah penangkapannya mengakibatkan perolehan hasil tangkapan ikan tidak cukup signifikan untuk meningkatkan pendapatannya dalam kondisi layak. Metode yang akan digunakan untuk mendukung realisasi program IbM di Kecamatan Aluh-aluh adalah penyuluhan dan pelatihan yang akan diberikan kepada 2 (dua) kelompok nelayan. Luaran yang dihasilkan terdiri dari dua jenis peta yaitu: (1) peta pola sebaran jenis ikan pelagis berdasarkan hasil tangkapan total dan jenisnya, dan (2) peta kondisi suhu permukaan laut dan klorofil-a (penanda kesuburan perairan) dipadukan dengan arus permukaan. Kegiatan penyuluhan dalam program IbM ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai profil dan kegunaan peta di atas, sedangkan kegiatan pelatihan untuk melatih cara penggunaannya sekaligus cara melakukan pembacaan atau interpretasi yang tepat terhadap peta daerah penangkapan ikan tersebut. Ketercapaian kedua kegiatan di atas menunjukkan tingkat keberhasilan yang cukup signifikan yang diindikasikan dengan tumbuhnya minat dan pemahaman, perubahan sikap dan terciptanya kemampuan nelayan peserta dalam memanfaatkan output atau luaran sebagai hasil dari program hibah.

References

Chodriyah U dan T Hariati. 2010. Musim Penangkapan Ikan Pelagis Kecil di Laut Jawa. Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia Vol.16 No.3. Pusat Riset Perikanan Tangkap-Badan Riset Kelautan dan Perikanan. Jakarta-Indonesia.
Ilahude AG. 1978. On The Effecting The Productivity of The Southern Makassar Strait. Marine Research in Indonesia. 21. 81-107.
Robinson, I.S. 2010. Discovering the Ocean From Space : The Unique Applications of Satellite Oceanography. Springer. Verlag Berlin Heidelberg.
Sadhotomo B and Durrand JR. 1996. General Features of Java Sea Ecology. Proceeding of Acoustics Seminar Akustikan 2. European Union - Central Research Institute for Fisheries, Agency for Agricultural Research and Development, Ministry of Agriculture, Indonesia – French Scientific for Development through Cooperation. Bandungan – Indonesia.
Santos A.M.P. 2000. Fisheries Oceanography using Satellite and Airborne Remote Sensing Methods: A Review. Fisheries Research. 49:1-20.
Thurman H.V. and Trujillo A.P. 2004. Introductory Oceanography. Tenth Edition. Pearson Prentice Hall. New Jersey. USA.
Published
2024-06-30
How to Cite
Syahdan, M. and Tony, F. (2024) “PENERAPAN PETA DAERAH PENANGKAPAN IKAN PELAGIS KECIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL TANGKAPAN IKAN DI KECAMATAN ALUH-ALUH KABUPATEN BANJAR”, Aquana: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1). doi: 10.20527/aquana.v5i1.84.