BUDIKDAMBER PLUS AKUAPONIK DAN PENGOLAHAN PASCA PANEN DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH BANJARBARU

  • Herliwati Herliwati Prodi Akuakultur Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Mijani Rahman Prodi Akuakultur Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Hidayatullah adalah pendidikan Islam Integral dengan Tahfidz Qur’an sebagai kegiatan unggulan.  Selama pendidikan, santri yang mondok tidak dikenakan biaya. Pemenuhan kebutuhan pangan, terutama protein hewani merupakan komponen biaya terbesar dan diperlukan setiap hari. Untuk keberlanjutan kegiatan pondok diperlukan terobosan upaya lain yang bersumber dari kemampuan sendiri. Berdasarkan analisis situasi dan diskusi dengan mitra PKM disepakati kegiatan-kegiatan: i) penyuluhan, bimbingan dan pelatihan keterampilan kepada pengelola pondok dan santri untuk menciptakan sumber pendapatan melalui usaha budidaya ikan dalam ember plus akuaponik; ii) Pelatihan pembuatan bakso untuk pengolahan hasil pasca panen ikan lele; iii) Pelatihan Manajemen pemeliharaan ikan lele dengan metode Budikdamber plus aquaponik. Metode pendekatan yang digunakan dalam PKM ini adalah partisipasi kelompok yang meliputi: penyuluhan, demonstrasi-partisipatif, pendampingan. Selanjutnya dilakukan evaluasi untuk menilai efektivitas program dalam pencapaian luaran kegiatan. Hasil evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan menunjukkan Pengelola Pondok Pesantren dan santri mampu melakukan usaha budidaya budikdamber plus akuaponik secara mandiri tanpa bimbingan. Pengelola Pondok Pesantren dan santri memahami dan terampil melakukan tahapan-tahapan usaha budidaya ikan dengan teknologi bioflok yang dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan atau untuk memenuhi kebutuhan pangan pondok sehari-hari sehingga dapat mengurangi biaya operasional pondok pesantren.

References

Anwar. 2019. Budidaya Ikan Lele di Desa gending. Hasil Wawancara Pribadi: 13 Agustus 2019. Desa Gending.

Nursandi, J. (2018). Budidaya Ikan Dalam Ember “Budikdamber” dengan Aquaponik di Lahan Sempit. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Lampung 08 Oktober 2018 ISBN 978-602-5730-68-9. Halaman 129-136.
Perwitasari, D.A. dan T. Amani. 2019. Penerapan Sistem Akuaponik (Budidaya Ikan Dalam Ember) Untuk Pemenuhan Gizi dalam Mencegah Stunting di Desa Gending Kabupaten Probolinggo.

Putri, H.M., Asnawi dan Hikmayani, Y. 2010. Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Bentuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Budidaya Lele. J. Bijak dan Riset Sosek KP 5 (2): 13-20.

Rahman, M., Asmawi, S., Rahman, A., Yasmi, Z., Herliwati. 2021. Rekayasa Kualitas Air Pada Budidaya Ikan Teknologi Bioflok di Lahan Pekarangan Pondok Pesantren Hidayatullah Kel. Guntung Manggis Kec. Landasan Ulin Kota Banjarbaru. Aquana 2 (2): 113 – 118.

Tustiyani dan Sinaga. 2018. Sosialisasi Sistem Vertiminaponik di Desa Cidatar, Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. Diunduh pada http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JP PM/article/view/1945 diakses tanggal 20 Februari 2022.
Published
2022-06-30
How to Cite
Herliwati, H. and Rahman, M. (2022) “BUDIKDAMBER PLUS AKUAPONIK DAN PENGOLAHAN PASCA PANEN DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH BANJARBARU”, Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), pp. 58-63. doi: 10.20527/aquana.v3i1.38.