DIVERSIFIKASI AKAR PINANG SEPAT SIAM DI DESA SUNGAI BATANG KECAMATAN MARTAPURA BARAT PROPINSI KALIMANTAN SELATAN

  • Siti Aisyah
  • Hafni Rahmawati
Keywords: akar pinang, sepat siam, sungai batang

Abstract

Pengolahan ikan sepat siam yang masih terbatas sebagai lauk dalam bentuk ikan kering dan wadi juga bekasam di Desa Sungai Batang mendorong tim pengabdian pada masyarakat untuk melakukan diversifikasi produk menjadi akar pinang yang merupakan cemilan yang sangat digemari masyarakat. Hasil kegiatan sangat memuaskan dengan capaian 100% meliputi pelatihan pengolahan produk diversifikasi akar pinang sepat siam, sanitasi dan higienis tempat dan peralatan yang digunakan selama proses pengolahan dan pemeliharaannya, jenis kemasan dan desain label, serta pengaturan letak tempat pengolahan yang terpisah.

References

King, D.E.S. 2017. Pengaruh Penambahan Tepung Ikan Sepat Rawa (Trichogaster trichopterus Pall) terhadap Kualitas Kue Kering. Skripsi Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM. Banjarbaru.

Agustin, R. 2019. Pengaruh Penambahan Tepung Ikan Sepat Siam (Trichogaster pectoralis) terhadap Kualitas Kue Akar Pinang. Skripsi Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM. Banjarbaru.

Mahrita. 2018. Laman 369. Koran Banjar.
Published
2020-06-30
How to Cite
Aisyah, S. and Rahmawati, H. (2020) “DIVERSIFIKASI AKAR PINANG SEPAT SIAM DI DESA SUNGAI BATANG KECAMATAN MARTAPURA BARAT PROPINSI KALIMANTAN SELATAN”, Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), pp. 17-21. doi: 10.20527/aquana.v1i1.7.