DISEMINASI TEKNOLOGI PEMBUATAN AERATOR TANPA LISTRIK DI KELURAHAN KARANG MEKAR, KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR KALIMANTAN SELATAN

  • Junius Akbar Prodi Akuakultur Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Adriani Prodi Akuakultur Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: aerator tanpa listrik, covid 19, kegiatan produktif pemuda pemudi

Abstract

Kelurahan Karang Mekar adalah salah satu kelurahan di kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.  Selama masa pandemik Covid 19, pelajar-mahasiswa atau pemuda-pemudi tidak ada kegiatan di kelas atau kampus, semua proses pembelajaran dilakukan dari rumah secara online. Hal ini dapat menyebabkan kejenuhan dan kebosanan. Begitu pula dengan pembudidaya ikan hias yang selama ini menggunakan aerator bertenaga listrik, menyebabkan peningkatan pembayaran listrik. Sehingga perlu segera dicari kegiatan bagi khalayak sasaran mitra (pemuda-pemudi dan pembudidaya ikan hias). Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat adalah diseminasi teknologi aerator tanpa listrik dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan khalayak sasaran mitra dalam melakukan kegiatan produktif di masa pandemik covid 19. Metode yang digunakan adalah metode penyuluhan, demonstrasi, dan evaluasi. Hasil evaluasi tingkat pengetahuan diperoleh nilai t hit = 25,84 > t tab (0,025) = 2,074 dan t tab (0,005) = 2,819. Tingkat keterampilan diperoleh nilai t hit = 14,84 > t tab (0,025) = 2,074 dan t tab (0,005) = 2,819. Hal ini berarti terjadi peningkatan tingkat pengetahuan dan keterampilan khalayak sasaran mitra secara sangat signifikan. Dari kegiatan PKM ini, khalayak sasaran mitra memiliki sikap yang mendukung terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Ditunjukkan dengan keramah tamahan dan aktivitasnya dalam berdialog dan pelaksanaan program kegiatan PKM ini.

References

Badan Pusat Statistik (BPS)., 2019. Kalimantan Selatan dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan, Banjarmasin.

LPPM., 2020. Rencana Strategis Pengabdian pada Masyarakat 2020-2024. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. ULM, Banjarmasin.

Sudjana., 1992. Desain dan Analisis Eksperimen. Penerbit Tarsito, Bandung.
Published
2021-12-31
How to Cite
Akbar, J. and Adriani, M. (2021) “DISEMINASI TEKNOLOGI PEMBUATAN AERATOR TANPA LISTRIK DI KELURAHAN KARANG MEKAR, KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR KALIMANTAN SELATAN”, Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), pp. 108-112. doi: 10.20527/aquana.v2i2.26.