PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA DI UMKM POKLAHSAR PELANGI CAKRAWALA MANDIRI

  • Maria Ulfah Riani Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Rabiatul Adawyah Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Poklahsar Pelangi Cakrawala  Mandiri  adalah UMKM yang bergerak dibidang frozen food dengan produk Empek-Empek Tenggiri dan Gabus serta Tekwan Tenggiri yang telah memiliki SNI dan BPOM yang resmi sehingga memiliki potensi pemasaran yang tinggi.  Potensi pemasaran yang tinggi ini tidak diiringi dengan manajeman pembukuan yang tertata dengan baik karena masih menggunakan pencataan manual hanya pada sebuah buku tulis  biasa.  Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan laporan keuangan sederhana dalam bentuk Microsoft Exel untuk memperbaiki sistem pembukuan keuangan yang belum tertata dengan baik pada UMKM ini.   Kegiatan ini mengambil data keuangan selama bulan Februari 2023 yang telah ada pada UMKM. Dengan kegiatan pengabdian ini diharapkan kedepannya UMKM Poklahsar Pelangi Cakrawala  Mandiri  dapat memperbaiki laporan keuangannya sehingga dapat mengetahui keuntungan pasti dari usaha yang dilakukan serta mendapatkan bantuan modal baik dari pemerintah daerah ataupun perbangkan untuk memperluas pemasaran dari produk frozen food yang dihasilkan.

References

Atik Emilia Sula, Khy’sh Nusri Leapatra Chamalinda. 2021. ANALISIS BISNIS DAN TREN KONSUMSI MASYARAKAT KABUPATEN BANGKALAN TERHADAP FROZEN FOOD PADA MASA PANDEMI COVID 19 Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, Volume 14 Nomor 1 Tahun 2021.
Candra, H. K., Iryanie, E., Heldalina, H., & Wulandari, P. A. (2019). Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan Akuntansi Bagi Usaha Kelompok Industri Rumah Tangga Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 1(1), 74. https://doi.org/10.31961/impact.v1i1.617
Priskila Valentina Santoso , Rizcha Verda Amarillo , Seviana Prasetyarini. Analisis Kelayakan Bisnis pada UMKM Makanan Khas Palembang di Kota Malang. Jurnal Multidisiplin West Science, Vol 01, No. 02 Desember , pp, 181 – 195.
Sahli,Yovita Permata, 2017. Prospek Pengembangan Industri Makanan Olahan Pempek Palembang Di Kota Pekanbaru. JOM Fekon, Vol.4 No.1 hal 505-517.
Published
2023-06-30
How to Cite
Riani, M. and Adawyah, R. (2023) “PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA DI UMKM POKLAHSAR PELANGI CAKRAWALA MANDIRI”, Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), pp. 12-17. doi: 10.20527/aquana.v4i1.57.

Most read articles by the same author(s)