TEKNIS PENGOLAHAN PRODUK FISH STICK IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI DESA PASAR LAMA KECAMATAN KARANG INTAN

  • Juhana Suhanda
  • Nooryantini Soetikno
  • Iin Khusnul Khotimah

Abstract

Desa Pasar Lama merupakan salah satu sentra kawasan usaha perikanan di Kecamatan Karang Intan. Desa ini dilintasi oleh sebuah sungai besar yang bermuara di bendungan Riam Kanan. Aliran sungai yang melintas, dimanfaatkan masyarakat untuk usaha pembesaran ikan yaitu  ikan nila (Oreochromis niloticus) dengan karamba jaring apung.  Ikan nila merupakan salah satu hasil perikanan, mudah sekali mengalami kerusakan/kemunduran mutu sehingga dalam penanganannya perlu kecermatan, ketepatan, dan kecepatan untuk menghindari terjadinya kemunduran mutu. Demonstrasi pengolahan fish stick Ikan Nila  bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga untuk mencukupi gizi khususnya protein hewani hasil perikanan kepada anggota keluarganya sehingga ibu-ibu rumah tangga menjadi terampil dalam mengolah produk Hasil Perikanan khususnya pembuatan Fish stick Ikan Nila.

References

Adisasmita, S.A. 2011. “Transportasi dan Pengembangan Wilayah”. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Agustini, W., T. dan Swastawati, F. 2003. Pemanfaatan hasil perikanan sebagai produk bernilai tambah (Value-added). Dalam upaya penganekaragaman pangan.

Anonim, 2016. Monografi Desa Pasar Lama. Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan selatan.
Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia 2011. Pengertian Pengabdian Kepada Masyarakat.

Fasli Djal dan Supriadi, 2001. Repormasi pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah . Adicita. Yogyakarta. Graha Ilmu. Jakarta.Hal 33.

Hariwijaya, M. 2007. Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta : Elematera Publishing.

Ilyas, S. 1983. Teknologi Refrigasi Hasil Perikanan Jilid 1. Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Indrawati. 2007. Keterampilan Berpikir Dasar. Bandung : Depdiknas.

Ismanadji, I dan Sudari, 1985. Petunjuk pengolahan bakso ikan, dalam rangka diversifikasi pengolahan hasil perikanan.Dirjen perikanan bekerjasama dengan International Development, Research Centre Jakarta.
Ketaren, S. 1986. Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. Cetakan Pertama. Jakarta : UI-Press.

Saanin, H. 1984. Taksonomi dan Kunci Identifikasi Ikan. Binacipta, Jakarta.

Sugiarto. 1988. Nila. Penebar Swadaya, Jakarta,105 hlm.

Suyanto, R., 1994. Usaha Budidaya Ikan Nila. Penebar Swadaya.

Tanoto, E. 1994. Pembuatan Fish nugget dari Ikan Tenggiri. Skripsi. Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor : Bogor.

Wibowo, S. 2000. Industri Pemindangan Ikan. Jakarta : Penebar Swadaya.
Published
2020-06-30
How to Cite
Suhanda, J., Soetikno, N. and Khotimah, I. (2020) “TEKNIS PENGOLAHAN PRODUK FISH STICK IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI DESA PASAR LAMA KECAMATAN KARANG INTAN”, Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), pp. 7-16. doi: 10.20527/aquana.v1i1.6.