PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK REMPEYEK IKAN TERI DAN REMPEYEK UDANG “DENOK” DI KELURAHAN LOKTABAT UTARA

  • Rabiatul Adawyah
  • Findya Puspitasari
  • Agustiana Agustiana
  • Purnomo Purnomo
  • Juhana Suhanda
Keywords: rempeyek, pengemasan, label

Abstract

Rempeyek atau peyek adalah sejenis makanan pelengkap dsri kelompok gorengan, dimana secara umum rempeyek adalah gorengan tepung  beras yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, diberi bumbu dan diberi bahan pengisi yang khas bisa kacang, ebi,udang kecil atau ikan teri.  Salah satu produsen pengolah rempeyek adalah rempeyek “DENOK.’ Pengemasan yang dilakukan pada rempeyek “DENOK’ masih sangat sederhana, sedangkan labelling belum dilakukan dan varian rasa masih belum ada pengembangan. Target luaran kegiatan ini adalah untuk menghasilkan produk yang mampu bersaing dipasaran yaitu dengan menambah varian rasa, perbaikan kemasan dan pemberian label pada produk rempeyek ikan teri dan rempeyek udang “DENOK”. Sasaran kegiatan adalah Pengusaha Rempeyek Ikan Teri dan Rempeyek Udang “DENOK” di Kelurahan Loktabat Utara kota Banjarbaru Kalimantan Selatan.  Mengatasi permasalahan tersebut yaitu telah dilakukan perbaikan kemasan dengan memberikan label rempeyek “DENOK” yang memuat alamat serta nomor HP dan WA yang mudah dihubungi oleh konsumen serta membuat produk baru dengan varian rasa pedas. Pengolah menyambut baik dan berharap ada kegiatan lanjutan untuk perbaikan produk rempeyek mereka.

References

Anonim________, Statistik Perikanan Budidaya Provinsi Kalimantan Selatan, 2010. Banjarbaru Tahun 2010. 151 halaman.

Aisyah, A., Adawyah, R., Rahmawati, H., 2013. Perbaikan Kualitas Bakso Ikan Tenggiri (Scomberomorus commersonni) dengan Penambahan Tepung Ubi Ungu (Ipomoea batatas). Laporan Penelitian. Unlam. Banjarbaru

Demuningrum, A.A. 2002. Mempelajari Karakteristik Bakso Ikan Nila (Oreochromis nilotiais) dengan Penambahan Bubuk Flavor Dari Ekstrak Kepala Udang Windu (Penaeus monodon). Skripsi IPB. Bogor.

Low J, Kinyae P, Gichuki S, Oyunga MA. Hagenimana V, Kabira J. 1997. Combating Vitamin a Deficiency through The Use of Sweet Potato. Peru. Central International Potato Press.

Paramida. N. R., Terip dan Yusriani 2013. Studi Pembuatan Rempeyek Bercita Rasa Kayu Manis. Jurnal Rekayasa Pangan dan Pertanian 1) :4

Reviana. T., Manulang dan Meirazi. 2017. Peningkatan Daya Saing Produk Rempeyek Kelompok UPPKS Lestari Di Kelurahan Sungai Kambing C Kota Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. (23) :3

Sudarmadji, S., B. Haryono., Suhardi. 2003. Prosedur Analisa Untuk Bahan Makanan dan Pertanian. Liberty. Yogyakarta tahun 89 halaman.

Sutanmuda, 2008. Klasifikasi Ikan Nila. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. 1 – 7 halaman.

Syarif dan Irawati. 1986. Pengetahuan Badan Untuk Industri Pertanian. PT. Masitama Sarana Perkasa. Jakarta. 217 halaman.

Tazwir, 1992. Pembuatan Sosis dan Bakso Ikan dalam : Kumpulan Hasil-hasil Penelitian Pascapanen Perikanan. Balitbang Pertanian– USAID/FRDP. Jakarta.

Yuniarti, T; Alvi Yudistira; Hendria Suhrawardhan dan Heru Sumaryanto. 2011. Bakso Ikan lele (Clarias sp.) Aneka Warna sebagai Alternatif Jajanan Anak Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan.

Published
2020-06-30
How to Cite
Adawyah, R., Puspitasari, F., Agustiana, A., Purnomo, P. and Suhanda, J. (2020) “PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK REMPEYEK IKAN TERI DAN REMPEYEK UDANG ‘DENOK’ DI KELURAHAN LOKTABAT UTARA”, Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), pp. 1-6. doi: 10.20527/aquana.v1i1.2.