PEMETAAN PARTISIPATIF UNTUK PERCEPATAN PEMBANGUNAN DESA DAN KAWASAN PASCA BANJIR DI DESA BAWAH LAYUNG KECAMATAN KURAU KABUPATEN TANAH LAUT

  • Putri Mudhlika Lestarina Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Hamdani Hamdani Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Frans Tony Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Ulil Amri Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Baharuddin Baharuddin Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Yahya Dwikarsa Ocean Enviro, Banjarbaru
  • Normalasari Normalasari Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Risman Risman Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: peta desa, bawah layung, pasca banjir

Abstract

Salah satu upaya untuk mengetahui area desa terdampak banjir Kalimantan Selatan tahun 2021 adalah dengan membuat sebua peta tematik yang melibatkan peran aktif dari stakeholder desa, mulai dari masyarakat desa, tokoh masyarakat, hingga pimpinpinan desa. Dengan adanya keikutsertaan masyarakat dalam memberikan informasi tentang desa akan memberikan pengaruh terhadap luaran peta yang dihasilkan. Pembuatan peta Desa Bawah Layung dimulai dengan penentuan dan pengenalan lokasi desa serta koordinasi dengan desa, pembuatan peta survei menggunakan citra resolusi sedang, akusisi data menggunakan pesawat tanpa awak (drone), pengambilan foto dan koordinat sarana dan prasarana desa, analisis foto udara, layout peta. Hasil analisis foto udara dan informasi aparat desa bahwasanya desa memiliki topografi landai yang berhadapan langsung dengan Luat Jawa dengan kisaran ketinggian 36-53 m dari permukaan laut, ketinggian banjir hingga ± 80 cm di sekitar tepian sungai dan ± 30 cm di kantor desa, area pemukiman terdampak banjir sejauh ± 120 m dari bibir sungai kearah kantor desa.

References

Baharudin, dan Amri, U. (2019). PKM Pemetaan Partisipatif Kawasan Ekowisata Mangrove Di Desa Pagatan Besar Kabupaten Tanah Laut, Propinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Maritim, 1(2), 59-67.

Chambers, R. 1996. Memahami Desa Secara Partisipatif. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.
Published
2022-07-02
How to Cite
Lestarina, P., Hamdani, H., Tony, F., Amri, U., Baharuddin, B., Dwikarsa, Y., Normalasari, N. and Risman, R. (2022) “PEMETAAN PARTISIPATIF UNTUK PERCEPATAN PEMBANGUNAN DESA DAN KAWASAN PASCA BANJIR DI DESA BAWAH LAYUNG KECAMATAN KURAU KABUPATEN TANAH LAUT”, Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), pp. 17-23. doi: 10.20527/aquana.v3i1.33.

Most read articles by the same author(s)