DISEMINASI POLA HIDUP MINIM SAMPAH KEPADA IBU-IBU DESA TANJUNG BATU SEBERANG KABUPATEN OGAN ILIR

  • Wike Ayu Eka Putri Universitas Sriwijaya
  • Riris Aryawati Jurusan Ilmu Kelautan FMIPA Universitas Sriwijaya
  • T. Zia Ulqodry Jurusan Ilmu Kelautan FMIPA Universitas Sriwijaya
  • Fitri Agustriani Jurusan Ilmu Kelautan FMIPA Universitas Sriwijaya
  • Ellis Nurjuliasti Ningsih Jurusan Ilmu Kelautan FMIPA Universitas Sriwijaya
  • Baharuddin Baharuddin Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Sampah merupakan salah satu persoalan lingkungan yang perlu mendapatkan perhatian serius. Salah satu jenis sampah yang mendominasi adalah sampah organik yang berasal dari aktifitas rumah tangga. Oleh karena itu dibutuhkan kegiatan diseminasi pola hidup minim sampah terhadap ibu-ibu yanga ada di Desa Tanjung Batu Seberang Kabupaten Ogan Ilir. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan November 2020 di Aula Rumah Tahfidz Yayasan Darul Mukhlisin Assyarif Desa Tanjung Batu Seberang Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Khalayak sasaran adalah ibu-ibu dan remaja putri yang ada di Desa Tanjung Batu Seberang. Metode yang digunakan adalah presentasi dan demo hasil kegiatan yang telah disiapkan sebelumnya. Saat presentasi, terdapat 3 jenis contoh pengelololaan sampah organic yaitu pembuatan ecoenzyme, pemanfaatan cangkang telur untuk kompos serta pemanfaatan limbah cangkang udang sebagai bahan kaldu.  Ketiga contoh pengelolaan sampah tersebut diperlihatkan hasil akhir (barang jadi) yang telah dipersiapkan sebelumnya. Para audiens (ibu-ibu dan remaja putri) tampak antusias mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir.

References

Akbar Z , Riyadi S dan Jaya FM. 2017. Pemanfaatan Kaldu Kepala Udang Vannamei (Litopenaeus Vannamei) Sebagai Flavor Dalam Pengolahan Kerupuk Kemplang Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus). Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan Volume 12, Nomor 1.
Larasati D, Astuti AP, Maharani ET. 2020. Uji Organoleptik Produk Eco-Enzyme dari Limbah Kulit Buah (Studi Kasus di Kota Semarang). Semin Nas Edusainstek. 2020; 278–83.
Machrodania, Yuliani, & Ratnasari, E. 2015. Pemanfaatan Pupuk Organik Cair Berbahan Baku Kulit Pisang, Kulit Telur dan Gracillaria gigas terhadap Pertumbuhan Tanaman Kedelai var Anjasmoro. LenteraBio Vol. 4 No. 3: 168–173

Nugroho P. 2013. Panduan Membuat Kompos Cair. Jakarta: Pustaka baru press. 204 halaman.
Nurfajriah1, Fajar Rahayu I Mariati, Mohammad Rachman Waluyo, Halim Mahfud, 2020. Pelatihan Pembuatan Eco-Enzyme Sebagai Usaha Pengolahan Sampah Organik Pada Level Rumah Tangga. Jurnal Ikraith-Abdimas No 3 Vol 4.

Pariyanti Eka. 2017. Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Jurnal DINAMIKA 3(2):1-11.
Taha SR, Mukhtar M dan Zainuddin S. 2022. Pemanfaatan Cangkang Telur Sebagai Pupuk Organik di Desa Ombulodata, Gorontalo Utara. Jambura Journal of Husbandry and Agriculture Community Serve (JJHCS) E-ISSN: 2809-2716, Volume 1 No 2.
Published
2023-12-30
How to Cite
Putri, W., Aryawati, R., Ulqodry, T. Z., Agustriani, F., Ningsih, E. N. and Baharuddin, B. (2023) “DISEMINASI POLA HIDUP MINIM SAMPAH KEPADA IBU-IBU DESA TANJUNG BATU SEBERANG KABUPATEN OGAN ILIR”, Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), pp. 75-81. doi: 10.20527/aquana.v4i2.54.

Most read articles by the same author(s)