PENGOLAHAN PATTY BURGER IKAN PATIN SEBAGAI PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) YANG SEHAT DI KELOMPOK “POSYANDU PERSADA”

  • Rabiatul Adawyah Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • El Redha Program Studi Akuakultur Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Juhana Suhanda Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Tri Dekayanti Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Adriani Program Studi Akuakultur Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Findya Puspitasari Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Ahmadi Ahmadi Program Studi Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Lambung Mangkurat
  • Baharuddin Baharuddin Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
  • Hamzah Hamzah Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) adalah kegiatan pemberian makanan kepada balita salah satu tujuannya adalah untuk mengatasi masalah gizi yang terjadi pada Masyarakat.  Pemberian Makanan Tambahan (PMT) adalah kegiatan pemberian makanan kepada Balita dalam bentuk kudapan  yang aman dan bermutu serta kegiatan pendukung lainnya dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan, serta mengandung nilai gizi yang sesuai dengan kebutuhan sasaran.  Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang sehat akan diberikan melalui pengolahan kudapan yang menggunakan bahan ikan patin yang terjangkau harganya tetapi memiliki kadar protein (17 gram/100 gram) yang sangat cocok untuk sumber protein bagi semua kelompok usia mulai dari bayi hingga usia lanjut dalam bentuk olahan patty burger.

References

Ibrahim, A. M., Yunianta, Y., & Sriherfyna, F. H. 2015. Pengaruh Suhu dan Lama Waktu Ekstraksi terhadap Sifat Kimia dan Fisik pada Pembuatan Minuman Sari Jahe Merah (Zingiber officinale var. Rubrum) dengan Kombinasi Penambahan Madu sebagai Pemanis. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 3(2):530-541.
Midayanto, D. N., & Yuwono, S. S. 2014. Penentuan Atribut Mutu Tekstur Tahu Untuk Direkomendasikan Sebagai Syarat Tambahan Dalam Standar Nasional Indonesia. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 2(4), 259-267.
Millah, S. 2019. Survei: Orang Indonesia Lebih Banyak Makan Cemilan Ketimbang Makan Besar. Diambil dari https://traveling.bisnis.com/read/20191203/223/1177360/survei-orang-indonesia-lebih-banyak-makan-camilan-ketimbang-makan-berat. (Diakses pada 12 Maret 2023).
Purlis, E. 2010. Browning development in bakery products - A review. Journal of Food Engineering, 99(3): 239–249.
Qudsy, S.P., Fajri, R., Lisnawati, N. 2018. Pengaruh Penambahan Kacang Merah (Phaseolus Vulgaris L.) Terhadap Daya Terima Dan Kandungan Zat Besi (Fe) Biskuit Untuk Wanita Hamil. J. Holistic and Health Sciences 2(2): 49-55.
Rifa'i, M. A., & Kudsiah, H. 2020. Pemberdayaan Istri Kelompok Pembudidaya Ikan Patin Dengan Pengembangan Produk Fillet. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(3): 369-379.
Riza, M. F., Nikmah, N., Hidayah, S. N. L., Anggraeni, V. D., Ro’I, K. J., Afiyah, N., & Malichatin, H. 2021. Peningkatan Literasi Keluarga dalam Konten Edukatif Pembuatan Brownies Kukus Melalui Youtube. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 9(1): 23-37.
Statistik KKP. 2021. Produksi Perikanan Budidaya. Diambil dari https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=p prod_ikan_budidaya_kab. (Diakses pada 19 Maret 2023).
Statistik, B. P. 2022. Produksi Perikanan Budidaya Menurut Komoditas Utama (Ton) 2019. Diambil dari www.bps.go.id/indicator/56/1513/1/produksi-perikanan-budidaya-menurut-komoditas-utama. (Diakses pada 4 Maret 2023).
Tobing,A.L Hayatinufus. 2005. Camilan Tradisional Indonesia Serba Rebus dan Kukus. Jakarta.PT.Gramedia Pustaka Utama.
Ulfah, D. 2015. Pengaruh Penggunaan Jenis Gula Terhadap Kualitas Kue Kembang Goyang Tepung Kacang Hijau. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.
Winarno F. G. 1980. Pengantar Teknologi Pangan. PT. Gramedia. Jakarta
Published
2023-12-31
How to Cite
Adawyah, R., Redha, E., Suhanda, J., Dekayanti, T., Adriani, M., Puspitasari, F., Ahmadi, A., Baharuddin, B. and Hamzah, H. (2023) “PENGOLAHAN PATTY BURGER IKAN PATIN SEBAGAI PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) YANG SEHAT DI KELOMPOK ‘POSYANDU PERSADA’”, Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), pp. 82-89. doi: 10.20527/aquana.v4i2.70.