PEMBUATAN WEBSITE UMKM PUSPITA SARI SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK OLAHAN PERIKANAN
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk membantu UMKM Puspita Sari mempromosikan produk olahannya agar lebih dikenal masyarakat luas dan dapat meningkatkan volume penjualan melalui pembuatan website. Puspita Sari merupakan UMKM yang memproduksi makanan ringan lebih dari 20 macam salah satunya adalah amplang ikan tenggiri. Metode pengabdian yang digunakan yaitu : identifikasi masalah dan solusinya, perencanaan, pelaksanaan (sosialisasi, diskusi dan pelatihan) dan evaluasi kegiatan, serta diseminasi hasil pengabdian. Website UMKM Puspita Sari yaitu www.pussari.my.id yang terdiri dari : a) Beranda yang berisi profil Puspita Sari dan produk unggulannya, b) Hubungi Kami yang berisi alamat dan nomor WA untuk pemesanan produk dan c Produk Kami yang berisi produk-produk hasil olahan Puspita Sari. Setelah satu bulan website tersebut berjalan belum terlihat peningkatan penjualan namun produknya menjadi mudah diakses oleh maysrakat dan diharapkan website dapat meningkatkan daya saing dan keberlangsungan usaha.
References
Hanim, Lathifah dan Noorman, MS, 2018. UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dan Bentuk – Bentuk Usaha. Unissula Press. Jawa Tengah
Irawan Susanti. Bab 1 Pendahuluan Camilan Atau Snac Adalah Makanan Ringan.
Diakses Pada 23 Maret 2024, Dari Https://Adoc.Pub/Queue/Bab-IPendahuluan-Camilan-Atau-Snack-Adalah-Makanan-Ringan-Y.Html
Muhammad Susilo, dkk. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Nasional Informatika danTeknologi Jaringan, Vol.2 No.2.
Prasetyo, P Eko, 2008. Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan Dan Pengangguran. AKMENIKA UPY, Volume 2, 2008.
Copyright (c) 2024 Aquana: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.